Pengertian dan manfaat internet.

pada article sebelumnya saya mebahas tentang sejarah internet
sekarang saya akan mengulas sedikit pengertian dan manfaat internet
silahkan di baca untuk menambah wawasan anda,
Internet (interconnection-networking) adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia dengan sistem standar transmission control  protocol /Internet protocol (TCP/IP).
tanpa mengenal batas teritorial,hukum,dan budaya.
Jaringan internet secara fisik di analogikan sebagai jaring laba-laba (the web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik-titik(node) yang saling berhubungan.
Titik- titik atau node bisa berupa komputer ,jaringan lokal atau peralatan komunikasi seperti handfone sedangkan garis penghubung antar simpul disebut sebagai tulang punggung (backbone) yaitu media komunikasi terestrial(kabel,serat optik,microwave,radio link) maupun satelit.
Node terdiri dari pusat informasi dan database,peralatan komputer dan perangkat interkoneksi jaringan serta peralatan yang di pakai pengguna untuk mencari ,menempatkan dan bertukar informasi di internet.

Menurut Lani sidharta 1996, walaupun secara fisik internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum internet harus di pandang sebagai sumber daya informasi .
Isi internet adalah informasi,database atau perpustakaan  multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan internet di pandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) ,karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet seperti bisnis,olah raga,politik,dan lain sebagainya.
Drew Heywood (1996) menerangkan sejarah internet bermula pada akhir dekade 60-an,saat United states Departemen of defense (DoD) memerlukan standar baru komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer,organisasi penelitian,dan ilmiah di universitas dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat ,aman ,dan tahan kerusakan sehingga mampu beroprasi di dalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.

Dewasa ini ,penggunaan internet telah merasuk pada hampir merasuk pada hampir semua aspek kehidupan ,baik sosial,ekonomi,pendidikan,hiburan,bahkan keagamaan (Religi).
para akademisi merupakan salah satu pihak yang paling di untungkan dengan kemunculan internet karena banyak sekali aneka refrensi,jurnal,maupun hasil penelitian yang di publikasikan di internet tersedia dalam jumlah sangat melimpah,
begitu banyak manfaat internet dan ini sebagian manfaatnya menurut analisis saya:

1.Sumber informasi
Kapanpun dan di manapun kita berada asal ada paket data yang terhubung kita bisa mencari di messin pencarian google untuk info yang kita inginkan.
Contohnya : info lowongan pekerjaan.

2.Sumber ilmu.
Internet menjadi sumber wadah ilmu
sudah banyak sekali ilmu yang di share di internet  tentang tata cara /tutorial pembelajaran setidaknya ada gambaran tentang sesuatu yang belum kita ketahui
Untuk pembelajaran tahap awal.

3.Memudakan komunikasi
Sekarang tak perlu repot berkomunikasi lagi lewat surat kertas. Untuk menghemat waktu kita bisa terhubung dan berkomunikasi dengan teman melalui media sosial seperti aplikasi faceebook ,tweeter,google+ dan masih banyak lagi.
ada aplikasi chatt yang memudahkan kita bisa ngobrol lewat tulisan di saat jarak jauh atau sekedar menulis status dan mengunggah/upload foto.
untuk menggabarkan ekspresi kita sedang apa dan di mana kita berada.

4.Sarana bisnis
Banyak yang memanfaatkan internet untuk mempromosikan produk dengan menawarkan langsung lengkap dengan spesifikasi produk yang di tawarkan.
Seperti situs jual beli on line.

5.Sarana hiburan.
Anda bisa mendapatkan hiburan menurut selera anda seperti menonton video di situs youtube pun bisa menjadi pilihan
banyak sekali video lucu di situs ini.
mencari hiburan di dunia maya.
barangkali anda punya video lucu
bisa di share di youtube,tentunya anda harus membuat akun terlebih dahulu untuk mengunggahnya.
untuk sama-sama menghibur.
biar dapat pahala.

Dan masih banyak lagi manfaat internet yang bisa kita rasakan di jaman yang semakin canggih ini.
dunia serasa dalam genggaman
mari kita gunakan dan manfaatkan internet dengan bijak.

0 Response to "Pengertian dan manfaat internet."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel