5 Tanda Bahwa Akun Media Sosialmu Dihack dan Cara Mengatasinya

Sosial media sudah menjadi santapan sehari-hari bagi kita. Mulai dari facebook, twitter, line, bbm, instagram, whatsapp dan lain-lain pasti sering kita gunakan sebagi sarana penunjang kehidupan kita sehari-hari.

Namun sayangnya sosial media merupakan sasaran utama para hacker untuk mengetahui data langsung seseorang. Dengan menghack suatu akun sosial media maka seorang hacker dapat dengan leluasa mengetahui informasi langsung seseorang tersebut dan menggunakannya untuk hal yang tidak diinginkan. Berikut ini tanda-tanda bahwa akun sosial mediamu telah dihack:

1. Muncul Postingan yang Tidak Pernah Kamu Tulis
Jika sobat merasa tidak pernah menulis ataupun berbagi suatu postingan di timelinemu
maka ada kemungkinan akunmu sudah dihack oleh seseorang. Namun hal ini tidak berlaku apabila sobat ini seorang blogger yang memakai jasa seperti NetworkedBlogs untuk berbagi postinganmu. Namun sobat juga harus memeriksa apakah postingan tersebut memang buatanmu atau bukan.

Solusi:
Jika sobat menjumpai ada sebuah postingan di timeline media sosialmu yang bukan buatanmu,
segera hapus postingan tersebut dan gantilah password media sosialmu.

2. Seseorang Login Menggunakan Akunmu dari Lokasi yang Tidak Biasa
Saat ini banyak media umum yang yang menyediakan layanan untuk memeriksa lokasi kapan dan dimana sobat terakhir kali login. Apabila sobatt sedang berada di Indonesia namun ada pemberitahuan bahwa akunmu pernah login di luar negri ada kemungkinan bahwa akunmu telah dihack.

Solusi:
Periksa secara terpola kapan dan dimana terkahir kali  sobat login menggunakan media sosial. Apabila sobat menemukan bahwa ada yang janggal segera ganti password media sosialmu dengan yang baru dan pastikan hanya sobat sendiri yang tau passwordnya.

3. Banyak Spam Berbentuk Iklan yang Membanjiri Halaman Facebookmu
Apabila pada saat membuka facebook namun halaman facebook berisi berbagai iklan yang disebarkan oleh suatu fan page yang tidak pernah sobat sukai, maka ada kemungkinan akun facebookmu telah dihack seseorang untuk menyukai fan page tersebut atau mungkin sobat pernah
menggunakan jasa aplikasi pihak ketiga yang harus memasukan kode token dan otomatis akunmu akan mengikuti perintah robot dari aplikasi tersebut namaun admin sendiri pernah menguji coba beberapa aplikasi seperti auto like , add dan mengakibatkan akun akan meminta ter log out dan meminta pasword baru dan sejauh ini aman saja asal tau cara dan setting penggunanya akan tetapi admin tidak usah memeaki aplikasi semacam itu karena kurang aman.

solusinya ; cek pengaturan akun dan lihat ijin aplikasi apa saja yang terhubung dengan akun media sosialmu dan apabila ada satu aplikasi yang janggal segeralah cabut izin akses aplikasi tersebut.
4. Kamu Tidak Bisa Login ke Akun Media Sosialmu
sobat pasti tidak akan lupa begitu saja dengan password media sosialmu ya kan?
Apabila sobat tidak lupa dengan passwordmu tapi sobat tidak daapat login/masuk, ada kemungkinan jika akunmu telah diakses oleh orang lain dan orang tersebut mengganti passwordmu.

Solusi:
sobat bisa konfirmasi ke pihak media sosial yang di gunakan untuk mengembalikan akunmu yang telah dicuri oleh seseorang.
Dan juga sobat bisa menggunakan opsi "tekan tombol "lupa password" apabila pihak penyedia media umum tidak dapat menjawab keluhanmu.

5. Kamu Tiba-tiba Memiliki Banyak Teman yang Tidak Kamu Kenal Ketika Membuka Akunmu
Apakah ada aktifitas mengikuti banyak orang yang tidak sobat kenal? Hal ini juga bisa disebabkan oleh malware yang memasuki akunmu dan membuatmu mengikuti spambots yang ada di Twitter maupun Facebook. Kemudian berbagi link URL kebanyak orang (biasanya link video dewasa).

Solusi:
Jika sobat yakin bahwa akun medsosmu telah dihack segera kunjungi alamat berikut:

0 Response to "5 Tanda Bahwa Akun Media Sosialmu Dihack dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel